Pengaruh Edukasi Berbasis Media Audiovisual terhadap Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Tuberkulosis

Authors

  • Anggitta Helen Agustina Universitas Indonesia Maju
  • Agus Purnama Universitas Indonesia Maju
  • Yeni Koto Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.53801/jmn.v3i3.188

Keywords:

audiovisual, edukasi, kepatuhan, tuberkulosis

Abstract

Pendahuluan: Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis, jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi dan akhirnya kematian. Pengetahuan tentang protokol pengobatan mempengaruhi patuh atau tidaknya pengobatan. Upaya meningkatkan pengetahuan pasien bisa dengan media audiovisual untuk pendidikan kesehatan. Media audiovisual mampu mengeluarkan gambar dan suara yang merangsang indera penglihatan dan pendengaran, sehingga diharapkan media tersebut mampu meningkatkan daya ingat.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi Pengaruh Edukasi Berbasis Media Audiovisual terhadap Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Tuberkulosis di RSUD Depok.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment dengan rancangan One group pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah pasien dengan diagnosa tuberkulosis. Sampel yang digunakan adalah 18 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner MMAS-8 (Morisky Medication Adherence Scale). Analisis data dengan menggunakan uji T-test.

Hasil: Berdasarkan penelitian rata-rata + standar deviasi pengukuran tingkat kepatuhan pada pasien tuberkulosis di RSUD Depok sebelum dilakukan intervensi pemberian edukasi berbasis media audiovisual adalah 6,06 + (1,830), dan setelah dilakukan intervensi pemberian edukasi berbasis media audiovisual  adalah 7,56 + (0,922) dengan nilai p 0,001 <0,05.

Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian edukasi berbasis media audiovisual sebelum dan sesudah perlakuan terhadap kepatuhan minum obat pada pasien tuberkulosis di RSUD Depok.

Downloads

Published

2024-05-15

Most read articles by the same author(s)